Friday, June 7, 2013

“Sejarah pasti ‘kan terulang” ungkapan tersebut rupanya juga terjadi di dunia tokusatsu seperti Kamen Rider. Sosok pahlawan bertopeng yang membela keadilan dan membasmi kejahatan dari Negeri Sakura ini juga mengalami hal yang sama pada dua era yaitu Era Showa dan Era Heisei.



setelah membaca beberapa postingan blog yang telah ada selama ini, yang membahas Kamen Rider. Rupanya ada kemiripan desain tokoh sampai alur cerita yang ada pada Kamen Rider Era Showa dan Era Heisei.
Berikut lampiran series Kamen Rider selama ini :
SHOWA ERA :
  1. Kamen Rider Ichigo
  2. Kamen Rider Nigo
  3. Kamen Rider V3
  4. Kamen Rider a.k.a Riderman
  5. Kamen Rider X
  6. Kamen Rider Amazon
  7. Kamen Rider Stronger
  8. Kamen Rider a.k.a Skyrider
  9. Kamen Rider Super One
  10. Kamen Rider ZX (Jet Cross)
  11. Kamen Rider Black
  12. Kamen Rider Black RX (akhir Kamen Rider Era Showa)
  13. Shin Kamen Rider (hanya ada movie)
  14. Kamen Rider ZO (hanya ada movie)
  15. Kamen Rider J (hanya ada movie)
HEISEI ERA :
  1. Kamen Rider Kuuga
  2. Kamen Rider Agito
  3. Kamen Rider Ryuuki
  4. Kamen Rider Faiz
  5. Kamen Rider Blade
  6. Kamen Rider Hibiki
  7. Kamen Rider Kabuto
  8. Kamen Rider Den-O
  9. Kamen Rider Kiva
  10. Kamen Rider Decade
  11. Kamen Rider Double
KAMEN RIDER ICHIGOU (Showa Era) vs KAMEN RIDER KUUGA (Heisei Era)


Perbandingan :
Bersama, mereka adalah awal dari Kamen Rider pada era masing-masing. Ichigo adalah awal dari Kamen Rider era Showa sedangakan Kuuga adalah awal dari Kamen Rider era Heisei. Berhubung datanya gak lengkap, mungkin hanya segini perbandingannya
KAMEN RIDER NIGOU (Showa Era) vs KAMEN RIDER AGITO (Heisei Era)
Perbandingan :
Kalau dilihat sekilas Ichigou dan Nigou yang modelnya seperti kembar, begitu juga dengan Kuuga dan Agito yang modelnya juga kembar. Seperti halnya Nigou yang masih satu alur cerita dengan Ichigou, Kamen Rider Agito juga masih berkaitan dengan Kuuga walaupun tidak dalam satu cerita. Salah satu contohnya adalah desain dari Kamen Rider G3 yang mengambil motif dari Undefined Lifeform number 4 yang dalam series Kamen Rider Kuuga adalah Kuuga itu sendiri.
KAMEN RIDER V3 (Showa Era) vs KAMEN RIDER RYUKI (Heisei Era)
Perbandingan :
Motif dasar dari V3 adalah capung (dragonfly) oleh karena itu pada Heisei Era dibuatlah Kamen Rider yang berunsur kata “dragonfly”. Jadilah Kamen Rider Ryuki yang bermotif naga (dragon).
RIDERMAN (Showa Era) vs KAMEN RIDER FAIZ

Perbandingan :
(Hohoho.. gw demen ma Faiz jadi ni mungkin yang terpanjang penjelasannya).
Kemiripan dari Kamen Rider ini adalah sama-sama memilki banyak gadget. Tangan kanan Riderman dapat berubah menjadi senjata sesuai dengan slot yang dimasukan di sikunya. Bentuk perubahan tangan kanannya bisa bermacam-macam seperti operation armrope arm, dan sebagainya (gak hapal :p). Sedangkan Faiz menggunakan chip untuk merubah gadgetnya menjadi senjata seperti stang motor Auto Vajin menjadi pedang laser jika disisipi chip, handphonemenjadi pistol, dan sebagainya.
Helm Riderman tidak fullface berbeda seperti Kamen Rider lain yang fullface menyebabkan masih kelihatan bagian mulut manusianya, hal ini mungkin dimodifkasi pada Faiz yang mengganti mulut helm-nya denyan motif taring hiu (Jaw).
KAMEN RIDER X (Showa Era) vs KAMEN RIDER BLADE (Heisei Era)

Perbandingan :
Pelafalan huruf “X” orang Jepang hampir mirip dengan bahasa Inggris “Ace”. Jadi, mungkin saja pada Kamen Rider Blade yang mengambil motif kartu truf Ace Spade (Kartu As Sekop) untuk menyamakan kesamaan antara Kamen Rider X dan Kamen Rider Blade.
KAMEN RIDER AMAZON (Showa Era) vs KAMEN RIDER HIBIKI (Heisei Era)

Perbandingan :
Selalu kontroversial karena tidak mengambil motif serangga dialami kedua Kamen Rider ini walaupun berbeda masanya. Kamen Rider Amazon mengambil motif kadal raksasa di daerah Amazon dan Kamen Rider Hibiki mengambil motif setan (oni). Baik cara perubahan kedua Kamen Rider ini tidak meneriakan kata “HENSHIN”, Amazon berubah dengan meneriakan “AA-MAAA-ZOOON~” sedangkan Hibiki berubah dengan garpu tala tanpa berteriak “HENSHIN”.
Finishing akhir kedua rider ini tidak menggunakan tendangan atau pukulan, Amazon menggunakan kuku (cakar) dan taring mulutnya untuk menghabisi lawan sedangkan Hibiki menggunakan musik untuk menghabisi lawannya.
KAMEN RIDER STRONGER (Showa Era) vs KAMEN RIDER KABUTO (Heisei Era)


Perbandingan :
Motif kedua Kamen Rider ini tidak jauh berbeda, bertanduk besar dan bermata masif besar. Perubahan ultimate dari kedua Kamen Rider ini juga didominasi oleh warna perak. Asal nama Kabuto mungkin berasal dari nama motor Stronger sendiri yaitu Kabutoroh.
SKYRIDER (Showa Era) vs KAMEN RIDER DEN-O (Heisei Era)

Perbandingan :
Skyrider adalah series tokusatsu dari frachise Kamen Rider yang sebelumnya hampir vakum selama empat tahun. Pertama kali muncul dengan title “ATARASHI KAMEN RAIDA : SKYRAIDA” (Kamen Rider Terbaru : Skyrider). Hal ini juga muncul di Kamen Rider Den-O, “ATARASHI DEN-O” yang menghadirkan Kamen Rider Den-O Strike Form yang ternyata adalah cucu dari Nogami yang adalah Kamen Rider Den-O Sword Form.
Tipe dari kedua Kamen Rider ini juga mirip, kalau Skyrider adalah penjelajah angkasa karena bisa terbang, maka Den-O adalah penjelajah waktu dengan kereta Denliner-nya.
KAMEN RIDER SUPER ONE (Showa Era) vs KAMEN RIDER KIVA (Heisei Era)

Perbandingan :
Motif dari kedua Kamen Rider ini adalah cerita-cerita outworld. Super One mengambil motif alien sedangkan Kiva secaraoverall mengambil motif vampire. Bersama-sama mereka identik dengan kegelapan yaitu kegelapan luar angkasa untuk Super One dan kegelapan malam untuk Kiva.
KAMEN RIDER ZX à JET CROSS (Showa Era) vs KAMEN RIDER DECADE

Perbandingan :
Tak perlu ditanyakan lagi, kedua Kamen Rider ini adalah Kamen Rider Ke-10 pada masing-masing era. Tidak heran jika kedua Kamen Rider ini memiliki unsur angka 10. Kata “Cross” pada Kamen Rider ZX dapat ditulis huruf “X” dan berarti sepuluh pada angka romawi sedangkan kata “Decade” dari Kamen Rider Decade berarti “10 tahun” yang menandakan 10 tahun Kamen Rider Heisei Era.
Motif warna dasarnya pun tidak berubah jauh. ZX dengan motif merah, garis hitam dan putih, serta mata hijau, Decade dengan motif magenta, garis hitam putih, serta mata hijau.
KAMEN RIDER BLACK (Showa Era) vs KAMEN RIDER W à DOUBLE U (Heisei Era)

Perbandingan :
Selain itu, motif antara Black dan Double pun tidak terlalu berbeda seperti garis di helm Black yang berwarna putih-merah-putih pada Double menjadi putih-hitam-putih. Guratan-guratan pada bagian ketiak dan lipatan lengan Black serupa dengan guratan-guratan pada Double pada setiap persendian geraknya (lipatan lengan, ketiak, pangkal paha, dan lutut). Guratan-guratan tersebut sepertinya menunjukkan bentuk persendian pada serangga terutama belalang.
sumber : http://ultimaswari.wordpress.com/2010/02/27/uncategorized15-kamen-rider-dari-showa-hingga-heisei/#comment-584

0 comments:

Post a Comment