Wednesday, November 28, 2012



Sebuah ilustrasi dalam pelatihan motivasi yang sering dilakukan adalah dengan mengambil sebuah gelas yang setengahnya berisi air. Setiap orang diminta untuk mengatakan apa yang dilihatnya. Sebagian mengatakan gelas itu setengah kosong dan sebagian lagi melihat gelas tersebut setengah masih berisi. Dilihat dari ‘kebenaran’ berdasarkan fakta, kedua jawaban tersebut benar. Di balik itu semua, yang menarik adalah cara pandangnya. Coba kita perhatikan dengan seksama, mereka yang mengatakan gelas tersebut setengah kosong mengilustrasikan cara pandang yang pesimis. Sedangkan yang melihat gelas tersebut setengah masih ada isinya, bahkan dengan semangat mengatakan, “Masih ada setengah lagi, Pak!”, mengilustrasikan cara pandang yang positif (optimis).

Ilustrasi ini dapat kita rasakan sebagai contoh ketika jam kerja menunjukkan sudah pukul 15.45 WIB, dan kita diminta untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sebagian orang dapat saja mengatakan, “Ah, tanggunglah, besok saja. Sebentar lagi juga pulang.”

Sebagian lagi justru mengatakan yang sebaliknya, “Mari saya kerjakan, mumpung masih ada waktu 15 menit lagi. Besok kita punya pekerjaan lain.”

Waktunya sama, namun cara kita memandang atau bersikap terhadap waktu yang sisa 15 menit tersebut tentu berbeda-beda.

sumber : indowebster

0 comments:

Post a Comment